Sebelas Kosakata Bahasa Jepang yang Sering Dipakai Sehari-Hari

koba.co.id. Menguasai bahasa Jepang menjadi syarat wajib untuk dapat bekerja di Jepang. Salah satu hal yang perlu dikuasai adalah kosakata salam sapaan atau aisatsu yang dipakai sehari-hari. Hal ini penting karena akan menjadi lebih mengakrabkan saat melakukan bekerja di Jepang,


Aisatsu dalam bahasa Indonesia artinya Salam sapaan. Orang Jepang menggunakan salam hampir dalam setiap kegiatan. Sapaan adalah hal yang penting dalam kultur Jepang. Ada banyak sekali sapaan dalam percakapan bahasa Jepang, masing-masing memiliki fungsi dan maknanya sendiri-sendiri. Tentu saja ini menjadi kosakata yang harus dikuasai sehingga akan lebih mengenal budaya Jepang melalui bahasanya.

Aisatsu sangat penting dan diajarkan sejak dini di Jepang. Sebagai contoh, adalah hal yang lazim seorang siswa menyapa siswa yang lebih tua ketika mereka berpapasan sebagai bentuk penghormatan. Di dunia kerja, salam sapaan dapat menimbulkan suasana kerja yang positif dan meningkatkan komunikasi antar rekan kerja.

Untuk itu sangat penting bagi calon pekerja migran Indonesia yang ingin bekerja di Jepang untuk benar-benar tahu ucapan yang dipakai dalam keseharian. Berikut ini beberapa 12 kosakata ucapan sapaan Bahasa Jepang yang biasa diucapkan dalam percakapan sehari-hari:

  1. Ohayōgozaimasu (おはようございます) = Selamat pagi
  2. Kon’nichiwa (こんにちは) = Selamat siang
  3. Konbanwa (こんばんは) = Selamat malam
  4. Irasshaimase (いらっしゃいませ) = Selamat datang
  5. Sayōnara (さよなら) = Selamat tinggal
  6. Jā mata (じゃあまた) = Sampai jumpa atau sampai bertemu lagi
  7. Oyasuminasai (おやすみなさい) = Selamat malam atau selamat tidur
  8. Tadaima (ただいま) = Salam ketika pulang ke rumah
  9. Okaerinasai (おかえりなさい) = Selamat datang kembali (jawaban untuk tadaima)
  10. Ittekimasu (行ってきます) = Saya pergi atau pamit
  11. Itterasshai (行ってらっしゃい) = Hati-hati (balasan untuk ittekimasu)
    Nah itulah kosa kata salam Bahasa Jepang yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari yang sering dilakukan oleh orang Jepang. Bagi yang ingin fasih berbahasa Jepang jangan lupa untuk mencobanya ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ada pertanyaan?