bahasa jepang

Sejarah Singkat Bahasa Jepang

koba.co.id. Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang mempunyai sejarah panjang. Dengan sebutan populer Nihongo ini diperkirakan mempunyai jumlah penutur lebih dari 125 juta jiwa.

Bahasa Jepang terbagi dua bentuk. Pertama adalah Hyoujungo atau pertuturan standar. Kedua yaitu  Kyoutsugo atau pertuturan umum. Hyoujungo adalah bentuk kata/pelafalan yang diajarkan di sekolah, televisi, dan hal resmi lainnya.

Disebutkan tulisan Jepang dipengaruhi dari China atau kanji yang dimulai abad keempat Masehi. Sebelumnya, orang Jepang tidak mempunyai sistem penulisan sendiri. Tak salah kalau kemudian tulisan Jepang dibagi jadi tiga yaitu Kanji yang berasal dari China, Hiragana, dan Katakana.

Hiragana dan Katakana masih punya unsur kanji dan dikembangkan pada abad VIII oleh para rohaniawan Buddha. Saat itu adalah membantu melafalkan karakter-karakter China. Namun saat ini bahasa Jepang masa ditulis dengan menggunakan kombinasi aksara Kanji, Hiragana, dan Katakana.

Kanji dipakai untuk menyatakan arti dasar dari kata, baik berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, atau kata sandang. Sementara Hiragana ditulis sesudah kanji untuk mengubah arti dasar dari kata tersebut, dan menyesuaikannya dengan peraturan tata bahasa Jepang.

Aksara Hiragana dan Katakana punya 46 set huruf masing-masing. Keduanya tidak memiliki arti apapun, hanya melambangkan suatu bunyi tertentu. Meskipun ada juga kata-kata dalam bahasa Jepang yang terdiri dari satu suku kata, seperti me (mata), ki (pohon), dan ni (dua).

Banyak sekali kanji yang diadaptasi dari Tiongkok, sehingga menimbulkan banyak kesulitan dalam membacanya. Dai Kanji Jiten, kamus kanji terbesar yang pernah dibuat, berisi 30.000 kanji. Kebanyakan kanji sudah punah, hanya terdapat pada kamus, dan sangat terbatas pemakaiannya, seperti pada penulisan suatu nama orang.

Karena itu, Pemerintah Jepang membuat peraturan baru mengenai jumlah aksara kanji dalam Joyo Kanji atau kanji sehari-hari. Hal ini dibatasi penggunaannya sampai 1945 huruf saja.***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ada pertanyaan?