Tentang Magang ke Jepang

Apa itu program magang ke Jepang

Magang Jepang adalah suatu program belajar sambil praktek kerja yang di lakukan bagi para lulusan SLTA sederajat di Negara Jepang.

Program magang ini berbeda dengan jalur TKI. Program magang ke Jepang adalah untuk pembelajaran. Peserta magang ibarat siswa dan berstatus trainee. Mereka tidak sepenuhnya bekerja, tapi belajar sambil bekerja. 

Uang yang didapatkan pemagang juga bukan gaji, tapi disebut “teate” atau uang saku. Jumlah uang sakunya memang cukup besar, mungkin karena itulah orang-orang kerap menjadi salah sangka. 

Sebelum berangkat ke Jepang untuk magang, seluruh calon peserta harus melalui proses pelatihan di Indonesia. Pelatihan tersebut biasanya berfokus pada penguasaan bahasa dan pengenalan dengan industri Jepang.

Peserta magang akan menjalani program selama 3 tahun. Jika kinerjanya cukup bagus, bisa diperpanjang hingga 5 tahun. Setelah 5 tahun tidak bisa lagi dilakukan perpanjangan, peserta harus pulang ke Indonesia.

Mantan peserta magang tidak boleh kembali ke Jepang untuk bekerja, dengan status trainee. Mantan peserta magang bisa kembali bekerja di Jepang dengan mengurus  Visa Tokutei Gino atau visa tenaga kerja dengan skill spesifik.

PERSYARATAN

  • Minimal Lulusan SMA/SMK sederajat
  • Pria / Wanita usia 18 s/d 27 tahun
  • Sehat Jasmani & Rohani
  • Tinggi Badan Minimal 160 cm (Pria) & 150cm (Wanita)
  • Berat Badan Proporsional
  • Memiliki Sikap & Mental yang Baik
  • Belum pernah mengikuti Program Magang Jepang sebelumnya

Bidang Magang di jepang

Care Worker (Kaigo)

Careworker atau Perawat Lansia merupakan seseorang yang bertugas membantu mengurus keperluan pribadi orang lanjut usia (lansia) yang memiliki keterbatasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Agriculture (Nougyou)

Pertanian pekerjaan bidang ini berupa pertanian tanaman umum (manajemen kultivasi, panen, pengiriman dan pemilihan produk pertanian, dll.), peternakan hewan (manajemen pakan ternak, panen, pengiriman dan pemilihan produk peternakan, dll.).

Machine Parts & Tooling Industries (Sokeizai Sangyou)

Industri komponen mesin & peralatan pekerjaan bidang ini berupa casting, forging, die casting, machining, metal press, factory sheet metal work, electroplating, aluminum anodizing, finishing, inspeksi mesin, perawatan mesin, painting, welding.

Industrial Machinery Industry (Sangyou Kikai Seizogyou)

Industri peralatan dan mesin pekerjaan bidang ini berupa casting, forging, die casting, machining, metal press, ironwork, factory sheet metal work, plating, finishing, inspeksi mesin, maintenance mesin, perakitan peralatan elektronik, print wiring board manufacturing, plastic molding, painting, dan packaging industrial.

Accommodation Industry (Shukuhaku)

Industri perhotelan pekerjaan bidang ini berupa penyediaan servis akomodasi seperti front desk penginapan, perencanaan/relasi publik, hospitality, service restoran.

Construction Industry (Kensetsugyou)

Industri konstruksi pekerjaan bidang ini berupa formwork construction, plastering, concrete pumping, tunnel and propulsion, construction machinery and construction, earthwork, roofing, telecommunications, reinforcement construction, reinforcing bar joints, interior finishing, material mounting.

Shipbuilding and Ship Machinery Industry (Zousen Hakuyou Kougyou)

Industri pembuatan kapal dan mesin kapal pekerjaan bidang ini berupa welding, painting, iron work, finishing, machining, perakitan peralatan elektronik.

Automobile Repair and Maintenance (Jidousha Seibi)

Perbaikan dan perawatan mobil pekerjaan bidang ini berupa inspeksi dan pemeliharaan harian, pemeriksaan dan pemeliharaan rutin, pembongkaran dan pemeliharaan kendaraan.

id_IDIndonesian