aichi

Lima Prefektur di Jepang yang Banyak Dihuni orang Indonesia

Orang Indonesia yang tinggal di Jepang ternyata banyak jumlahnya. Mereka tidak hanya tinggal di Tokyo saja namun di berbagai kota lainnya. Berdasarkan data dari Departemen Imigrasi Jepang Juli 2019 ternyata orang Indonesia tersebar dari daerah utara hingga daerah selatan Jepang terutama di lima prefektur berikut ini:

Pertama, Prefektur Shizuoka : Berdasarkan data terdapat 3.366 orang Indonesia yang tinggal di Prefektur Shizuoka. Sekitar 60 persen adalah pemagang.  Shizuoka terletak di tengah pulau utama Jepang (Area Chūbu) berbatasan langsung dengan prefektur Kanagawa, Yamanashi, Nagano, dan Aichi.

Kota ini memiliki beberapa daya tarik, salah satunya Gunung Fuji yang keindahannya telah mendunia.  Prefektur Shizuoka sendiri memiliki lebih dari 95 pabrik dan hasil pertanian yang melimpah.

Kedua , Prefektur Kanagawa : Berdasarkan data ada  berjumlah 3,551 orang Indonesia yang tinggal di Kanagawa. Sebanyak 1.303 di antaranya adalah pemagang. Terletak di daerah Kanto dan kota Yokohama sebagai ibukotanya. Menurut Organisasi Perdagangan Asing Jepang (Jetro) Prefektur Kanagawa adalah daerah yang pertama kali dibuka untuk menerima orang asing. Prefektur ini menyediakan fasilitas-fasilitas yang ramah orang asing terutama di bidang bisnis, perumahan, pendidikan (termasuk sekolah internasional), kesehatan dan rekreasi. 

Ketiga, Prefektur Ibaraki : Sebanyak 3.939 orang Indonesia tinggal di Prefektur Ibaraki. Dari jumlah tersebut, 2.769 di antaranya adalah pemagang. Prefektur ini berlokasi di area Kanto, 100 km dari Tokyo, berbatasan dengan prefektur Fukushima, Tochigi, Saitama dan Chiba.  Prefektur Ibaraki kaya akan tanaman dan bunga serta nyaman sebagai tempat tinggal.

Keempat, Prefektur Tokyo. Berdasarkan data dari statistik Juli 2019, total orang Indonesia yang tinggal di Tokyo sebanyak 5.156 orang.  Sebanyak 1.093 di antaranya adalah pemagang. Sehingga dapat diasumsikan pegawai kantor dan pelajar asing dari Indonesia lebih banyak tinggal di Tokyo.

Kelima, Prefektur Aichi. Prefektur Aichi terletak di area Chūbu berbatasan dengan prefektur Mie, Gifu, Nagano, dan Shizuoka. Ibukota prefektur ini adalah Nagoya. Jumlah pemagang dari Indonesia paling banyak tinggal di prefektur ini yaitu 2.905 orang. 

Bagaimana Anda yang akan berangkat ke Jepang. Asyik banyak teman sesama anak bangsa di sana.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ada pertanyaan?